Call us +628803153, BBM (7C01EE73), WA +628111833606
 

Press Release English Artaholic Fever X (EAF X)

drama-webpubEnglish Artaholic Fever atau disingkat dengan sebutan “EAF” merupakan ajang kompetisi dan unjuk kemahiran berbahasa Inggris, pementasan drama, dan apresiasi sastra untuk tingkat SMA/Sederajat sewilayah Bekasi. Event ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (HIMATRIS) Program Studi Sastra Inggris—Fakultas Komunikasi, Sastra, dan Bahasa UNISMA Bekasi.

Tahun ini, EAF diselenggarakan pada Sabtu, 7 Maret 2015 dan merupakan penyelenggaraan satu dasawarsa EAF (EAF X) sejak tahun 2005. Setiap tahun, acara ini mengusung tema yang selalu berbeda. EAF X memilih “Make A History, Not Just A Story”. Rahmalia Audina, ketua penyelenggara EAF X, menyebutkan bahwa “tema ini dipilih untuk menegaskan bahwa EAF merupakan suatu event yang bersejarah dan memiliki tradisi yang kokoh”.

EAF X diikuti oleh 300 siswa SMA/sederajat dan SMP se-Bekasi. Dalam pembukaan acara, Andi Sopandi MSi, Dekan Fakultas Komunikasi, Sastra, dan Bahasa menyebutkan bahwa jumlah peserta dan sekolah yang mengikuti acara ini selalu meningkat setiap tahunnya. Ini mengindikasikan bahwa “minat siswa SMA dan SMP di wilayah Bekasi cukup tinggi terhadap kegiatan kebahasaan, budaya, dan seni”, ujarnya.

Pada tahun ini, ke-300 peserta mengikuti berbagai macam perlombaan yaitu:

  1. Drama Performance Competition (Lomba Pementasan Drama)
  2. Poetry Musicalization Contest (Musikalisasi Puisi)
  3. English Quiz Contest (Cerdas Cermat Berbahasa Inggris)
  4. English Speech Contest (Pidato Berbahasa Inggris)
  5. English Short Story Contest (Cerita Pendek dalam Bahasa Inggris)
  6. Wall Magazine Contest (Majalah Dinding)

Drama Performance Competition mengangkat tema “How Do You See The Future?”. Dengan kreatifitas yang dimilikinya, para peserta mementaskan cerita yang beragam dan menarik sehingga mampu menghibur para penonton dan mengesankan para juri. Lomba dimenangkan oleh Tim dari SMA Mandalahayu Bekasi.

Lomba kedua yaitu Poetry Musicalization mengambil tema “Creativity VS Money”. Para peserta membawakan puisi gubahannya dengan diiringi berbagai macam jenis instrumen musik dan aransemen yang dinamis. Lomba yang dibagi ke dalam kategori SMP dan SMA ini dimenangkan oleh SMP Melati Indonesia untuk kategori SMP dan SMKN Cikarang Barat untuk kategori SMA/Sederajat. Sementara itu, English Quiz Contest yaitu lomba cerdas cermat dalam bahasa Inggris menguji kemampuan berbahasa Inggris dan pengetahuan umum para siswa. Lomba ini dimenangkan oleh SMAN 5 Tambun Selatan.

English Speech Contest merupakan kompetisi yang menjadi favorit. Lomba pidato berbahasa Inggris ini merupakan lomba dengan peserta terbanyak yaitu 100 peserta. Lomba mengambil tema “The Manner of Language”. Para peserta menyampaikan pidato berbahasa Inggris hasil karya mereka dan menjawab pertanyaan dari dewan Juri. Untuk tingkat SMP, lomba dimenangkan oleh Sesilia Tiffany Yosephie dari SMP Melati Indonesia Bekasi dan tingkat SMA/Sederajat oleh Khairunnisa Rahmadita dari SMAI Al-Azhar 8 Bekasi .

Lomba kelima yaitu English Short Story. Lomba ini merupakan ajang unjuk bakat siswa dalam penulisan cerita pendek berbahasa Inggris. Kompetisi antar peserta sangat tinggi dikarenakan masing-masing peserta memiliki imajinasi dan kreatifitas yang cukup tinggi, ditambah dengan kemampuan penulisan dalam bahasa Inggris yang juga cukup memadai. Lomba ini memilih “Changing The World” sebagai tema. Lomba dimenangkan oleh Cut Naomi Noor Azmi dari SMAI Al-Azhar 8 Summarecon Bekasi dan Sesilia Tiffany dari SMP Melati Indonesia.

Lomba terakhir adalah wall magazine contest. Lomba mengusung tema “What Will The Future Look Like?”. Jawaban tentang bagaimana masa depan nantinya dituangkan ke dalam majalah dinding yang terbuat dari beragam media kreasi. Karya dari tim MAN 2 Bekasi berhasil memenangkan lomba ini.

 

 

Tags: , , , ,

 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional