Call us +628803153, BBM (7C01EE73), WA +628111833606
 

Accessing Academic Journal?

Budi seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi. Sebut saja topik yang dibahas olehnya berkaitan dengan Modernism, Modernity, dan Everyday Life (karena kebetulan, Budi adalah mahasiswa prodi Sastra Inggris). Untuk mengerjakan skripsinya, ia membutuhkan sumber-sumber pengetahuan yang bisa memberikan informasi, cara, teori, atau metode yang berkaitan dengan topik tersebut.

Menggunakan teksbook atau buku-buku teori, latar sejarah, pendekatan, dan metode penelitian mengenai Modernism, Modernity, dan Everyday Life tidaklah cukup bagi Budi. Budi membutuhkan sumber yang bisa memberikan gambaran terkini seputar kajian atau penelitian yang berkenaan dengan topik yang ditelitinya. Teksbook atau buku teori hanya memberikan paparan teoritis mengenai topik penelitian. Karena itu, Budi perlu menggunakan artikel-artikel ilmiah atau yang biasa disebut juga sebagai jurnal ilmiah (academic journal/scholarly journal) dalam penelitiannya.

Jurnal ilmiah memberikan informasi dan perkembangan terkini dari topik yang sedang dibahas Budi. Jurnal ilmiah juga memberikan informasi bagi Budi mengenai cara penerapan teori-teori ke dalam suatu penelitian. Hal ini karena biasanya jurnal ilmiah berisi pemaparan hasil penelitian. Melalui pemaparan tersebut Budi bisa mempelajari langkah-langkah yang ditempuh atau permasalahan yang diangkat oleh para peneliti lainnya.

Lalu bagaimana cara Budi mendapatkan jurnal tersebut? Untuk itu, Budi melakukan langkah berikut:
1) Budi mengunjungi situs yang menyediakan koleksi jurnal ilmiah seperti : PROJECT MUSE di muse.jhu.edu dan JSTOR di www.jstor.org
2) Setelah itu, Budi memasukkan kata kunci ke dalam mesin pencari pada ke dua situs tersebut. Dalam hal ini kata kunci yang dipergunakan adalah : modernism, modernity, dan everyday life.
3) Berdasarkan kata kunci tersebut, Budi menemukan banyak artikel/jurnal ilmiah yang berkaitan dengan topik penelitiannya. Kemudian, ia memilih artikel yang dibutuhkannya.

NAMUN sayangnya, kedua situs itu dan semua situs penyedia jurnal ilmiah mengharuskan Budi untuk membayar terlebih dahulu bila ia hendak mengunduh artikel tersebut; tentunya dengan biaya yang sangat mahal.

BERUNTUNGLAH Budi, karena ia adalah mahasiswa program studi Sastra Inggris Unisma Bekasi. Sebagai mahasiswa prodi Sastra Inggris Unisma Bekasi, Budi mendapatkan kemudahan. Program studi memiliki akses pada jurnal-jurnal tersebut, sehingga Budi tak perlu membayar dan bersusah payah untuk mendapatkan artikel/jurnal yang dibutuhkannya. Untuk mendapatkan akses, Budi menghubungi Lab Bahasa Prodi Sastra Inggris (English Centre 1). Petugas di Lab mendaftarkan Budi pada database dan repository pengetahuan prodi agar Budi bisa mengakses artikel/jurnal yang dibutuhkannya. Budipun akhirnya bisa mengakses dan mendapatkan artikel/jurnal ilmiah yang dibutuhkannya. Alangkah bahagianya Budi karena kini ia sudah memiliki sumber yang sangat diperlukan untuk mengerjakan skripsinya.

NOTE: akses pada jurnal dan penggunaan jurnal tidak terbatas pada mahasiswa yang sedang mengerjakaan skripsi. Konsultasikan dengan dosen anda apakah MK yang diampuhnya menggunakan jurnal ilmiah atau tidak.

Cheers from LEEDS, UK

 

Tags: , ,

 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional