Call us +628803153, WA +628111833606
 

Overview

unisma-usembassy

Foto Bersama. Dari kiri ke kanan: Wadek FKSB, Dekan FKSB, Warek IV, Rektor, Wakil Dubes Amerika, BId. Pendidikan, Direktur RELO.

Program Studi Sastra Inggris adalah salah satu program studi pada Fakultas Komunikasi, Sastra, dan Bahasa (FKSB) yang didirikan pada 2002 dengan peringkat akreditasi B. Memiliki jejaring kemitraan luas dengan berbagai instansi dalam dan luar negeri, prodi Sastra Inggris berperan penting dalam penelitian, pegembangan, dan pelatihan di bidang pengajaran bahasa Inggris, kebahasaan, dan kebudayaan. 
Overview

Didirikan pada 2002, prodi Sastra Inggris telah menghasilkan lulusan yang berkiprah di dunia pendidikan, media, bisnis dan perkantoran, instansi pemerintah, maupun industri kreatif.

Beberapa program unggulan prodi Sastra Inggris didukung dan bekerjasama dengan instansi dan organisasi terkait. Antara lain: program beasiswa English Access bekerjasama dengan RELO-Kedubes Amerika, program pertukaran mahasiswa dalam skema Permata Kemenristek Dikti, uji kompetensi bahasa Inggris TOEIC dan TOEFL resmi/official, program praktik profesi, dan workshop dengan lembaga profesi.

Saat ini prodi Sastra Inggris tergabung dengan asosiasi program studi Inggris se Indonesia (ESAI) serta organisasi profesi dan keilmuan seperti TEFLIN (Asosiasi Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing) dan Masyarakat Linguistik Indonesia.

Profil Lulusan

Mengacu pada standar Asosiasi Studi Inggris (ESAI) dan Kerangka Kulaifikasi Nasional (KKNI), profil lulusan prodi Sastra Inggris mencakup area berikut:

Utama
  • Language Assistant/Business Communicator: Sekretaris, Business Communicator
  • Pengalih Bahasa: Penerjemah lisan (interpreter, dubber) maupun tulisan (translator, subtitler)
  • Penulis: Penulis fiksi, penulis profil perusahaan (company profile), penulis di media masa cetak maupun online, ataupun copy writer
Pilihan
  • Tenaga pengajar/guru: Pengajar di sekolah maupun tempat kursus, trainer bahasa di institusi maupun perusahaan
  • Public Speaker dalam bahasa Inggris: Performer, presenter,
  • Edupreneur: Pengelola dan pengusaha jasa layanan pendidikan kebahasaan, layanan kebahasaan, maupun jasa pariwisata budaya
  • Asisten peneliti budaya, bahasa, dan sastra

Dalam sistem pembelajaran, program studi Sastra Inggris selalu menerapkan dan mengembangkan metode sharing learning dan problem solving learning yang mengarahkan dosen dan mahasiswa untuk saling berinteraksi, berbagi, dan berkolaborasi dalam pemecahan masalah yang menuntut pemahaman dan pengaplikasian teori. Dalam metode ini, mahasiswa diarahkan untuk menerapkan teori dan melatih kemampuannya secara langsung dan intensif.

Dalam Penyediaan dan pemanfaatan sarana perkuliahan, Program Studi Sastra Inggris adalah pelopor dalam penyediaan dan pemanfaatan online digital konten dalam proses pembelajaran, pusat data/materi perkuliahan, pustaka dan konten digital, laboratorium bahasa multimedia berbasis jaringan, dan public reading corner.

 
 
 
 
%d bloggers like this: