Call us +628803153, BBM (7C01EE73), WA +628111833606
 

Program Beasiswa Bahasa Inggris dari RELO US Embassy: English Access

BELAJAR BAHASA INGGRIS  SERU BERSAMA ACCESS BEKASI

Apa itu ACCESS?

ACCESS adalah sebuah program beasiswa mikro untuk belajar Bahasa Inggris dan budaya Amerika yang diberikan oleh kedutaan besar Amerika Serikat kepada siswa-siswi berusia antara 13 sampai 20 tahun. ACCESS digagas di tahun 2004 oleh kementerian luar negeri Amerika Serikat. Tujuan dari ACCESS adalah memajukan siswa-siswa dari latar belakang ekonomi yang kurang beruntung dengan cara memberikan pengajaran Bahasa Inggris. ACCESS menekankan pada peningkatan kemampuan dan pengetahuan berbahasa Inggris siswa.

Sejak didirikan di tahun 2004, ACCESS telah menjangkau 85 negara, termasuk Indonesia. Melalui RELO (REGIONAL ENGLISH LANGUAGE OFFICER) dan IIEF (Indonesian International Education Foundation), ACCESS Indonesia telah menjangkau berbagai kota di Indonesia, termasuk Bekasi.  Setiap kota yang terpilih, memiliki site atau tempat dimana proses belajar mengajar diadakan. Untuk ACCESS BEKASI, lokasi site adalah Fakultas Komunikasi, Sastra, dan Bahasa Universitas Islam 45 Bekasi.

Pembukaan Program Access Bekasi

40 siswa SMU sederajat di wilayah kota dan kabupaten Bekasi telah diseleksi dan pada saat ini tengah mengikuti program pelatihan ACCESS. Selain siswa SMU, 20 mahasiswa program studi Sastra Inggris pun berhasil lolos seleksi dan tengah mengikuti program serupa untuk jenjang mahasiswa.  Program ini berlangsung selama 2 tahun (2016-2018).

Apa saja program yang diberikan ACCESS?

ACCESS memiliki tiga program utama:

Pengajaran Bahasa Inggris dan Budaya Amerika

Fokus utama program ACCESS adalah memberikan pengajaran Bahasa Inggris dengan cara yang interaktif dan komunikatif kepada siswa-siswanya. Tenaga pengajar ACCESS telah diberikan pelatihan yang komprehensif tentang bagaimana mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan mudah diserap oleh siswa-siswanya. Selain itu, program pengajaran di ACCESS juga melibatkan teknologi  terkini dalam pengajaran Bahasa Inggris. Bukan cuma pengajaran Bahasa Inggris, ACCESS juga memberikan pelajaran tentang kebudayaan Amerika. Dengan mempelajari budaya Amerika, siswa-siswa diajak untuk menghargai sejarah dan budaya yang berbeda dari mereka. Hal ini juga berkaitan dengan program pertukaran pelajar yang diberikan oleh ACCESS. Dengan mempelajari budaya yang berbeda dari mereka, para siswa dipersiapkan untuk berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang budaya dan negara yang berbeda-beda.  Menarik bukan?

Untuk menjalin keakraban antara siswa-siswa dan para pengajar, setiap tahun ajaran biasanya diadakan acara kemah Bahasa Inggris. Selama beberapa hari, siswa-siswi berpartisipasi  dalam kegiatan perkemahan dimana mereka harus menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Selain menjalin keakraban, acara ini bertujuan melatih kemampuan berbahasa Inggris para siswa. Acara kemah Bahasa Inggris ini biasanya didesain dengan tema yang menyenangkan sehingga para siswa tidak akan merasa bosan saat mengikuti kegiatan-kegiatan di dalamnya.

Aktivitas Pengabdian Masyarakat

Pengabdian Masyarakat

Selain pengajaran Bahasa Inggris dan budaya Amerika, program ACCESS juga melibatkan kegiatan pengabdian masyarakat. Dalam kegiatan tersebut, siswa dan pengajar akan berkunjung ke berbagai tempat seperti panti asuhan atau panti werdha dimana mereka bisa memberikan kontribusi langsung ke masyarakat. Sebagai contoh, siswa-siswa ACCESS Bekasi baru saja mengunjungi salah panti asuhan di Tambun Utara untuk memberikan sumbangan dan pertunjukan seni. Dengan kegiatan pengabdian masyarakat, siswa-siswi ACCESS dididik untuk lebih peduli dan belajar memberikan kontribusi  kepada masyarakat sekitar.

Pertukaran Pelajar

Bukan cuma kedua program tersebut, ACCESS juga memberikan kesempatan pertukaran pelajar kepada siswa-siswanya.  Setiap tahun, ACCESS mengadakan program pertukaran pelajar kepada beberapa siswa yang terpilih di setiap site. Program pertukaran pelajar tersebut biasanya diadakan di Amerika Serikat.  Siswa ACCESS yang beruntung mengikuti program pertukaran pelajar tersebut akan dipertemukan dengan siswa-siswa ACCESS dari berbagai negara. Setiap tahun, ACCESS memberikan variasi yang menarik kepada program pertukaran pelajar yang mereka berikan. Sebagai contohnya, lokasi program pertukaran pelajar biasanya berubah dari tahun ke tahun sehingga para siswa memiliki kesempatan untuk menjelajah berbagai kota di Amerika Serikat.

Berapa lama program ACCESS berlangsung?

Program ACCESS berlangsung selama 2 tahun dan terdiri dari empat semester. Di setiap semesternya, para siswa harus mengikut ujian tengah semester dan ujian akhir semester untuk menguji sejauh mana kemajuan siswa dalam berbahasa Inggris.

Berapa kali dalam seminggu para siswa belajar bersama ACCESS?

Dua kali dalam seminggu, para siswa mendapat pengajaran Bahasa Inggris bersama ACCESS. Lama setiap pertemuan adalah 2,5 jam. Di setiap pertemuan, para siswa akan dididik untuk meningkatkan kemampuan  berbicara, mendengar, membaca, dan menulis dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, para siswa ACCESS diharapkan bisa menjadi siswa-siswa yang memiliki kompetensi yang tinggi dalam berbahasa Inggris.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk program ACCESS?

Tidak ada. ACCESS tidak memungut bayaran sama sekali kepada para siswanya. Di lain pihak, ACCESS memberikan fasilitas seperti buku teks dan buku latihan Bahasa Inggris secara cuma-cuma kepada para siswa. Selain itu, ACCESS juga memberikan uang saku kepada para siswa setiap kali mereka mengikuti pertemuan ACCESS. Dengan itu, para siswa diharapkan bisa lebih bersemangat untuk mengikuti proses belajar bersama ACCESS.

Bagaimana cara menjadi siswa ACCESS?

Sebagai program yang kompetitif, ACCESS menyeleksi kandidat-kandidat yang berminat menjadi siswa ACCESS. Seleksi diadakan untuk melihat kesediaan dan keseriusan calon-calon siswa untuk mengikuti program ACCESS. Seleksi terdiri dari dua tahap; seleksi berkas dan wawancara. Di tahap wawancara, kandidat diwajibkan didampingi orangtua atau wali. Hal tersebut dilakukan untuk melihat kesanggupan orangtua atau wali dalam mendukung siswa selama program ACCESS berlangsung.

Written by:

Reza

 

Tags: , , , , ,

 

More Posts in About

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional