Call us +628803153, BBM (7C01EE73), WA +628111833606
 

Future Career

Berkomunikasi dalam bahasa Inggris merupakan bagian yang sangat penting dan tidak terpisahkan dalam keseharian maupun dalam kehidupan profesional. Hal ini membawa pada terciptanya profesi-profesi yang dilatarbelakangi oleh keahlian dan kemahiran berbahasa, khususnya bahasa Inggris. Secara garis besar, peluang profesi lulusan program studi Sastra Inggris bisa dikelompokkan ke dalam dua kelompok  berikut:

Profesi di bidang kependidikan
Profesi ini biasanya menjadi tujuan utama ketika anda memilih program studi Sastra Inggris. Berlakunya peraturan pemerintah mengenai profesi kependidikan, tentunya memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan program studi Sastra Inggris untuk menempuh jenjang karir sebagai guru. Hal ini dimungkinkan karena baik lulusan yang berasal dari program studi kependidikan maupun non-kependidikan diharuskan mengikuti Program Profesi Guru.

Bila anda tertarik untuk mengajar di lembaga-lembaga kursus bahasa, menempuh studi di program studi Sastra Inggris memungkinkan cita-cita tersebut terwujud. Data penelusuran alumni prodi (lulusan 2012-2014) menunjukkan sekitar 60% alumni program studi Sastra Inggris Unisma berkarir sebagai tenaga pengajar di sekolah-sekolah negeri maupun swasta serta lembaga kursus (LIA, IEC, LPIA, NEW CONCEPT, OAK TREE, dll).

Tenaga Profesional: Bisnis-komersial, Publishing, dan Jurnalistik
Jenis profesi yang berhubungan dengan pekerjaan kantor, perbankan, penerbitan, jurnalistik, maupun industri kreatif merupakan profesi yang juga dipilih oleh beberapa lulusan program studi Sastra Inggris. Dalam data penelusuran alumni prodi (lulusan 2012-2014) tercatat sekitar 40% alumni prodi sastra Inggris  berkarir di bidang ini.

Hal ini tidak terlepas dari keahlian dan pengetahuan yang diajarkan dan dilatih di program studi Sastra Inggris yang mengarah pada penguasaan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa baik secara lisan maupun tulisan, kemampuan menganalisisis dan berpikir kritis, serta kemampuan menciptakan karya kreatif.

Multiprofesi
Dengan kata lain, dengan menempuh studi di program studi Sastra Inggris, anda akan memiliki keahlian dan kemampuan multiprofesi.

Profesi-profesi tersebut diantaranya adalah:

  • Alih bahasa/penerjemah buku, majalah, novel, komik, film, dokumen/surat-surat niaga
  • Interpreter
  • Editor bahasa di majalah, koran, buku
  • Ahli bahasa di Departemen-departemen dan instansi pemerintah atau pun di perusahaan nasional/multinasional
  • Penulis cerpen, novel, script, esai, majalah, serta bidang industri kreatif lainnya
  • Reporter berita ataupun Jurnalis
  • Media analist
  • Pengajar/Instruktur bahasa Inggris di sekolah, kursus, ataupun di perusahaan
  • Profesi-profesi lainnya yang membutuhkan keahlian berbahasa
 

Tags: , , , ,

 

Share this Post